5 Langkah Jitu Mengajarkan Disiplin Pada Anak

5 Langkah Jitu Mengajarkan Disiplin Pada Anak

1381

Blog.eriknerum.com – Menurut kamus umum Bahasa Indonesia, disiplin berarti melatih batin dan watak supaya perbuatannya menaati tata tertib. Disiplin akan terasa manfaatnya jika Anda memiliki suatu impian dan cita-cita yang ingin dicapai. Oleh karena manfaat disiplin yang jelas akan kehidupan, Anda harus mulai menanamkannya kepada anak Anda sedini mungkin. Berikut adalah langkah-langkah efektif melatih anak agar menjadi disiplin seperti yang dilansir oleh womansday.com

  • Jelas dan Spesifik

    Ketika mengajarkan kepada anak, Anda harus jelas tentang apa yang Anda harapkan dari mereka dan spesifik tentang apa yang perlu dilakukan. Ajarkan aturan dan kemudian menetapkan batas-batas jika aturan rusak dengan nada netral dan tenang.

  • Konsisten

    Tidak ada ancaman kosong. Konsisten dengan aturan dan batas yang Anda ciptakan. Jangan lupa luangkan waktu untuk menindaklanjuti dan memeriksa mereka. Konsistensi akan memberikan hasil yang positif.

  • Terorganisir

    Bila Anda meluangkan waktu untuk menjaga ruangan hidup yang rapi, teratur dan menunjukkan bahwa Anda benar-benar peduli terhadap hal itu. Anak yang tumbuh dalam lingkungan yang tertata akan membangun dirinya sendiri sebagai dewasa dengan hal yang sama.

  • Penuh kasih sayang

    Tampaknya banyak orang dewasa yang melupakan hal ini dalam pembelajaran disiplin pada anaknya. Jadilah baik, lembut, sabar dan kasih sayang sebagai dasar segalanya.

  • Berani

    Percayalah dengan apa yang Anda lakukan. Perkuat keyakinan Anda bahwa hal ini akan menjadikan anak Anda sosok yang sukses di masa depan.

Itulah beberapa langkah yang bisa Anda ambil dalam mengajarkan anak tentang kedisiplinan. Menanamkan hal positif sedini mungkin kepada anak akan mempermudah jalannya di masa depan.

Masukan Komentar Anda

Komentar