Demi Lovato Menginspirasi Fansnya Setelah Pulih Dari Eating Disorder

Demi Lovato Menginspirasi Fansnya Setelah Pulih Dari Eating Disorder

2597

Blog.eriknerum.com – Bukan rahasia jika pelantun lagu Let It Go, Demi Lovato, pernah mengalami eating disorder atau kelainan dalam kebiasaan makan, dan dia berhasil sembuh. Melalui akun Instagram dan aku Twitternya, Demi sering menulis pesan positif yang mengajak pengikutnya untuk menjalani pola hidup sehta dengan makan makanan sehat dan berolahraga, serta menekankan bahwa eating ┬ádisorder seperti bulimia dan anorexia bukan solusi untuk menurunkan berat badan.

Demi Lovato yang sebelumnya dikenal karena sukses berkarir bersama Disney, pada tahun 2010 memutuskan untuk direhabilitasi karena bipolar disorder dan eating disorder yang dialaminya. Sejak itu Demi selalu terbuka mengenai kelainan yang dialaminya dan selalu mengajak fans-fansnya untuk hidup sehat.

Demi pernah mengunggah foto yang menunjukkan perubahan bentuk tubuh yang dialaminya. Pertama saat dia masih berkarir di Disney dan masih kurus. Lalu dua foto selanjutnya saat dia gemuk, dan foto terakhir adalah foto terbarunya saat berat badannya sudah turun dan tampak lebih proporsional. Dalam foto tersebut demi bercerita bahwa foto itu cukup menguras emosinya. Dia ingat saat dia harus memakai korset untuk membuat perutnya tampak lebih rata, karena itu dia merasa sangat gemuk. Dia sedih karena telah menghabiskan waktu bertahun-tahun dengan tidak bersyukur atas bentuk tubuhnya, dan pola hidupnya tidak sehat. Namun dia sangat bersyukur melihat foto terbarunya. Bukan hanya karena dia terlihat lebih langsing, tapi karena dia bisa menjalani hidup sehat, serta dukungan keluarga, teman-teman, dan fans yang selelu dia dapatkan.

Demi sering mengungkapkan ketidaksetujuannya pada pendapat orang yang menurutnya salah tentang eating disorder. Dia menegaskan bahwa eating disorder bukanlah hal yang dapat dijadikan lelucon atau guyonan. Eating disorder menurutnya merupakan masalah serius. Dan kebanyakan orang memiliki persepsi yang salah, lalu mendiskriminasi orang yang mengalami eating disorder atau kelainan mental lainnya. Ya eating disorder merupakan kelainan mental, yang tidak mudah disembuhkan, karena berhubungan dengan pola pikir penderitanya.

Penderita eating disorder berpikir bahwa dengan tidak makan sama sekali, dan/atau memuntahkan makanan yang mereka makan, merupakan salah satu cara untuk berdiet. Itu salah. Kelainan ini bahkan bisa menyebabkan kematian jika tidak segera disembuhkan.

Berbeda dengan artis lain yang mungkin lebih sering mengunggah foto tentang kehidupan mewah mereka, Demi Lovato rajin menginspirasi fansnya dengan mengunggah hal-hal yang berhubungan dengan pola hidup sehatnya. Misalnya olahraga yang dilakukan, berat badan yang berhasil dia capai, bentuk tubuhnya sekarang, dan berbagai hal lain. Tentu ini mendapat respon positif dari berbagai pihak.

SUMBER

Masukan Komentar Anda

Komentar